Wednesday, October 27, 2010

Yang Kaya Yang Bersedekah

"Tunjukkan saja jalan arah ke Pasar" jawab Abdurrahman Bin Auf ketika dia diberikan sebagian harta dari saudara Ansharnya sewaktu pertama datang Hijrah ke Madinah mengikuti Rasulullah.

Abdurrahman Bin Auf menolak hibah harta dari saudaranya dan memilih berdagang di Pasar Madinah. Memang beliau terkenal sebagai Entrepreneur bertangan Midas, mengubah apapun yang disentuh menjadi emas. Kata Abdurrahman, "Sejak Rasulullah mendoakanku, dunia datang menghadap kepadaku (hidupku makmur dan bahagia). Hingga seandainya aku angkat sebuah batu, maka dibawahnya kudapati emas dan perak."

Abdurrahman bin Auf termasuk kelompok delapan yang mula-mula masuk Islam, termasuk kelompok sepuluh yang diberi kabar gembira oleh Rasulullah masuk surga, dan seseorang yang dipercayai Rasulullah saw. untuk berfatwa di Madinah selagi beliau masih hidup di tengah-tengah masyarakat kaum muslimin.

Sebagai seorang Entrepreneur sukses, ternyata rahasianya ada di SEDEKAH, berikut sedekah Abdurrahman bin Auf yang Fenomenal ;

- Menyedekahkan iring-iringan tujuh ratus ekor unta bermuatan penuh membawa pangan, sandang serta lainnya untuk penduduk Madinah. - Menyedekahkan 40.000 dirham perak. 1 Dirham = Sekitar Rp.1,4 Milyar - Kemudian menyusul pula 40.000 dinar emas. = sekitar Rp.48.Milyar - Sesudah itu dia bersedekah lagi 200 uqiyah emas. - 500 ekor kuda kepada para tentara Islam - 1.500 ekor unta - Memberikan 400 dinar emas kepada 100 orang bekas pejuang Perang Badar. +/- Rp.480 Juta

Dan cukup banyak lagi diriwayatkan bahwa Abdurrahman Bin Auf bersedekah seperti tidak takut miskin.

No comments:

Post a Comment