Friday, March 23, 2012

Tutorial Modding Font Support Navibar Belle

Dikarenakan akhir² ini saya jarang OL pake Lepi, dan bnyak request dari teman² untuk dieditin font agar support navibar di CFW masing². saya berikan tutorial edit font kesukaan masing²


Alat perang yg diperlukan
  • Font support navibar ( untuk di copy symbolnya ke font yg sedang di edit ) Contohnya dimari
  • Font Creator 

PENTING : kita harus tau dan ingat Glyph/huruf apa yg di replace pada CFW kita.

Untuk mengetahui huruf itu, bisa dengan membuka salah satu font default di CFW, letaknya biasanya di Z: Resource/Fonts. Open font default > klik pada symbol navibarnya > ke Tab Edit > Make Empty, nanti akan kelihatan huruf nya.

Download





Mari kita mulai

1. Open font yg udah support navibar dengan fontcreator dan buka jg font yg akan kita mod.




2. Setelah itu copy dan Pastekan symbol ke Glyph/Huruf yg kita replace



klo udah selesai di copy semua symbolnya, save / save as.
Masukkan font yg udah kita mod ke dlm Rofs ato gunakan FontRouterman.

untuk yg ingin memasukkan font kedalam Rofs, gandakan font menjadi 4 dan rename sesuai dengan font default dlm rofs (biasanya letaknya di Resource/font)



Begitu jg klo kita pengen font unicode dari ihint biar support navibar kita.
namun di font ihint tidak selalu sama letak Glyph/huruf nya.
so kita harus berjuang mencari Glyph tersebut.
SELAMAT BERJUANG!!


Semoga Tutorial singkat ini bisa bermanfaat dan sedikit membantu teman² semua agar bisa edit font kesukaan sendiri.

Enjoy!

6 comments:

  1. Mantap Om.. .
    Kalo bisa sekalian kasih alat perangnya donk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya ga mau ngasih om. tp bnyak pilihannya di google.
      search bentar dah ketemu kok..

      semangat om :D

      Delete
    2. Oke dech ntar kalo ada waktu senggang ane tak coba.. tapi siap2 terima PM ane via FB ya kalo ane gak bisa. Hehee.. .

      Delete
  2. Keren gan tutorialnya..

    Follow blog ane ya gan,, tadi ane sudah follow blog ini,, :D

    ReplyDelete
  3. gan kalo ane coba kog pas di make empty, hurufnya malah gag kelihatan y?

    ReplyDelete